PUASA (MEREKA) UNTUKKU

Sore ini suasana jalanan ramai. Di bahu jalan banyak orang berjualan, mengais rejeki di bulan penuh berkah, bulan suci. Mereka rupanya benar-benar merasakan berkah bulan puasa. Banyak yang dijual, dari jenis makanan yang familir sampai makanan yang agak asing dan hanya ditemukan saat bulan puasa.

Jalanan mecet. Namun yang menarik perhatian saya adalah tak ada yang protes atau klakson kendaraan yang bersahut-sahutan seperti biasanya saat macet terjadi. Semua seakan  dengan sabar melewati jalanan macet tanpa umpatan dan kata-kata kurang enak yang sering didengar saat hari-hari biasa. Sayang, momen itu tak sempat diabadikan.

Saya pun ikut terbawa suasana. Bulan puasa punya banyak cerita untuk dikenang. Bulan puasa membuat suasana hari dan hati lebih tenang (kecuali diusik oleh suara petasan), dan saat senja tiba banyak jenis makanan atau jajanan ringan yang menjadi pilihan. Yang pasti ada pemandangan yang beda saat sore hari menjelang buka puasa, dan dalam hari tersimpan keinganan, “kenapa situasi seperti ini tidak berlangsung terus sepanjang tahun?” Tapi itu hanya keinginan saja, karena akan heboh kalau benar terjadi.

Puasa dan bulan puasa memang bermakna. Puasa umat Muslim, Kristiani, dan saudara yang lain mempunyai maksud tersendiri yang berkaitan dengan keimanan masing-masing. Satu hal kecil yang saya pelajari dari bula puasa (sore ini) adalah bulan puasa itu penuh berkah, berkah bagi mereka yang menjajakan makanan berbuka puasa, bulan memperbanyak amal ibadah. Membeli jajanan berbuka puasa juga adalah amal ibadah, karena kita memberi saudara kita penghidupan dari uang yang kita berikan saat membeli barang atau makanan yag mereka jual (kata teman kerja saya beberapa hari lalu, saat dia bercerita tentang arti puasa untuk umat muslim saat jedah siang).

Selamat berbuka puasa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s